Latah Bawa Berkah

image

Latah Bawa Berkah

 

Grader, setuju nggak kalau musik METAL alias Melayu Total adalah  termasuk jenis musik yang lagi digandrungi ? Banyak band-band tanah air yang namanya mencuat karena mengusung jenis musik yang easy listening tersebut. Sebut saja band yang  terkenal dengan lagu C.I.N.T.A nya, d’Bagindas. Kalian tahu nggak Grader, kalau dua personil d’Bagindas dulunya adalah personel band yang beraliran underground ?


d’Bagindas adalah band yang mengusung aliran Pop Melayu. Band ini dimotori oleh Beni Riyanto atau akrab disapa Bian (vokal), Michael Christian atau Mike (kibord), Dandy (gitar) dan Dian Purnama (gitar). d’Bagindas yang terbentuk pada tanggal 2 Februari 2009 ini berawal dari ide Tile yang mendengar lagu ciptaan Mike yang dianggapnya brilian. Kemudian dua sahabat ini mengajak Dandy yang sebelumnya masih satu band dengan Tile.


Sebenarnya nama Tile dan Dandy sudah tak asing lagi dalam jagad musik tanh air, mengingat keduanya pernah tergabung dalam band underground , Virus. Namun, di d’Bagindas ini mereka mengusung Pop Melayu yang sangat bertolak belakang dengan genre band mereka sebelumnya. Namun, perbedaan genre pun tak menjadi penghalang, dan hal itu dibuktikan lewat album bertajuk C.I.N.T.A  ini. “Menggarap musik Pop Melayu justru ada tantangannya, kalau dulu kita biasanya main gitar empat ke atas, sekarang empat ke bawah,” ungkap Dandy.

 

Sempat Binggung Nyari Vokalis

Kesulitan mencari vokalis sesuai genre music yang dibawakan menjadi masalah tersendiri bagi d’Bagindas yang baru terbentuk. Awalnya mereka menunjuk sang pencipta lagu, Mike untuk menjadi vokalisnya, tapi Mike yang notabene pencipta lagu-lagu d’Bagindas merasa menyerah dan mencoba mencari vokalis untuk band mereka. Dari sini, mereka menemukan Bian, pria asal Malang, yang didaulat sebagai vokalis dengan karakter vokal dangdut.


Karakter vokal Bian memang sangat pas dengan lagu-lagu ciptaan Mike. Apalagi beberapa tahun terakhir, Bian sempat aktif bergelut di genre dangdut. Dengan dukungan Mike, yang mencipta semua lagu-lagu d’Bagindas, serta suara berat khas Melayu milik Bian, menjadikan grup band ini mampu bersaing dengan sederet band-band bergenre Melayu lainnya yang lebih dulu eksis seperti ST12, Wali maupun band aliran lain.

 

Ganti Nama Setelah Rekaman

d’Bagindas punya cerita unik terkait masalah nama band. Dulunya band yang mengusung aliran Pop Melayu tersebut bernama Violin. Nah, nama d’Bagindas sendiri ditemukan dan akhirnya dipakai secara tidak sengaja.

Nama d’Bagindas didapat dari salah seorang teman yang merubah folder lagu rekaman mereka dalam komputer dengan nama d’Bagindas yang berarti raja tersebut. Dengan nama tersebut harapan d’Bagindas adalah agar masyarakat dapat menerima musik mereka, dan dapat memperkaya warna di industri musik Indonesia. Menurut mereka, l ewat karya terbaik termasuk eksplorasi bermusik, masyarakat pasti bisa menerima dan menyukainya.

 

Kolaborasi Warna Musik

Album pertama d’Bagindas yang bertajuk C.I.N.T.A memang membuat band tersebut dicintai oleh masyarakat. Untuk album pertama, d’Bagindas menyiapkan 12 lagu, dengan lagu “Apa Yang Terjadi” diambil sebagai single pertama. Dalam bermusik pun band ini mengusung dan menggabungkan beberapa aliran yaitu Dangdut, Keroncong, Blues, dan Country, sehingga kesan Pop Melayu menjadi enak didengar.

Setelah sukses dengan single pertama, mereka pun merilis single kedua bertajuk “C.I.N.T.A”. Dengan menonjolkan musik yang lebih slow , pengulangan beberapa kata, dan pengejaan, lagu ini pun laris diterima pasar. Beberapa lagu lain seperti “Tak Seindah Malam Kemarin” dan “Kangen” juga berasal dari ide dan pengalaman Mike, dan dihadirkan dengan aransemen simple dan bernapaskan Melayu kental.

 

Album Kedua “Yang No 1”

Setelah sukses berkat album perdana bertajuk C.I.N.T.A dan menghasilkan beberapa lagu populer diantaranya “C.I.N.T.A”, “Apa Yang Terjadi”, “Empat Mata”, dan “Tak Seindah Makam Kemarin”, d’Baginda kembali merilis album keduanya bertajuk Yang No.1 pada bulan Juni 2011. Sedianya album kedua D’Bagindas tersebut akan dirilis dalam 2 volume yaitu vol 1 dan vol 2. Album Yang No.1 adalah judul album vol 1 sedangkan untuk vol 2 masih menjadi rahasia.

Dalam album kedua tersebut, terdapat delapan lagu yang ditampilkan, dengan enam di antaranya adalah lagu baru, sedangkan dua lagu yakni berjudul “Suka Sama Kamu” dan “Kangen” merupakan bonus track dari album pertama dan satu lagi bonus lagu dalam album kedua ini judulnya Marhaban Ya Ramadhan ”, yakni lagu religius diciptakan khusus menjelang Ramadhan kemaren. Untuk lima judul lagu lainnya, masing-masing “Ay”, “Hidup Tapi Mati”, “Maafkan”, “Sendu”, serta “Yang No.1”.

Congrats ya buat d’Bagindas, ditunggu karya-karya selanjutnya yang tentunya lebih berwarna, unik dan lebih METAL alias Melayu Total. –ophex -

 

BIO d’Bagindas

 

Nama Band     : dD’Bagindas

Terbentuk        : 2 Februari 2009

Personil           : Beni Riyanto atau Bian (vokal), Michael Christian atau Mike (kibord), Dandy (gitar) dan Dian Purnama (gitar)

Genre              : Pop Melayu

Asal                 : Bandung

Record label    : Trinity Optima Production

Album             : C.I.N.T.A

                         Yang No. 1

 

RESENSI ALBUM D’BAGINDAS “YANG NO.1”
Judul : Yang No.1
Artis : D’Bagindas
Tahun Rilis : Juni 2011
Genre : Pop Melayu
Label : Trinity Optima Production

 

Track List “Yang No.1” by d’Bagindas

  1. Ay
  2. Hidup Tapi Mati
  3. Maafkan
  4. Sendu
  5. Yang No.1
  6. Suka Sama Kamu
  7. Kangen
  8. Marhaban Ya Ramadhan

 

 

 

Fri, 3 Feb 2012 @14:41


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Majalah Gradasi
image

Edisi Januari 2014

Pesan Telp: 024-76480185 SMS: 08562547735


Majalah Remaja Lepas-Bebas-Cerdas
Dibaca Enak, Ditenteng Nyaman
Artikel Terbaru
Arsip

::. RUBRIK PILIHAN .::
:. Redaksi .:

     

 

     

Kontak Kami Klik Disini

 

 

 

 

 

.: G-Magz Digital :.
:. DAFTAR BIRO .:
WEBMAIL

-Masukkan Email dengan Lengkap

 contoh : priyo@gradasi-magz.com

 Password (sering diganti)

:. Jam / Tgl Sekarang .:

See on Youtube
Tukar Link

Visitor
free counters
:. ADVERTENSI .:

          


  DeBest FM

ALFAMART
 
 
 
 
Panen Dollar Tiap Hari
:. Fan Page .:

 

 

Radio Streaming Internet

Get the Flash Player to see this player.

Dengarkan di WINAMP :

Streaming Provider by :
KlikRadioInternet.com

.

Statistik
Unique Visitor
website hit counter
:. BANK TRANSFER .:
image

No.Rekening

6058-01-003168-53-5

a/n Majalah Gradasi

BRI Unit Sukun Semarang

Copyright © 2018 Gradasi-Magz.Com · All Rights Reserved