Justice Voice: Funky tapi Syarai yang Inspiratif

image

Nama Justice Voice tentunya sudah nggak asing lagi di telingan pecinta nasyid di kota Semarang. Grup nasyid asal kota Yogyakarta ini dapat dibilang sering manggung di kota Atlas ini. Grup nasyid yang berdiri tahun 1998 yang didirikan Adewansyah Mahlan, Eko Priyanto, Nanang D.H., & Asep Sudirman kini menjadi salah satu grup nasyid paling popular di tanah air. Namun, untuk mencapai kesuksesan seperti saat ini harus melewati berbagai jalan yang nggak mulus, misalnya aja adalah kekompakan personilnya. Nah untuk masalah yang satu ini akhirnya JV, begitu nama popular grup ini biasa disebut sampai saat ini sudah bongkar muat sampai delapan kali.


Nah, Sekarang JV berpersonelkan   Eko Prianto, Ari Fahrizal, Fatah Adgantani, Eko Widy, dan Fariz. Dengan formasi ini mereka telah melanglang buana ke seluruh pelosok tanah air, bahkan sampe ke luar negeri juga, tepatnya ke Taiwan. Konser di Taiwan sendiri menjadi rangkaian penutup promo mini album Justice voice, SAVE OUR MASJID. Perjalanan ini menjadi sangat bermakna karena Justice Voice mengkampanyekan penyelamatan masjid di negara yang belum terlalu banyak masjid berdiri. Penyelamatan masjid di Taiwan tentu berbeda dengan menyelamatkan masjid di Indonesia. Menyelamatkan masjid di Taiwan berarti menampilkan Islam secara lebih ramah terhadap masyarakat Taiwan sehingga imej Islam yang terkesan menyeramkan dan identik dengan terorisme bisa terhapus secara perlahan. Jika masyarakat Taiwan memiliki pandangan yang lebih positif terhadap Islam maka dengan sendirinya mereka akan lebih bisa menerima Islam secara umum, dan masjid secara khusus sebagai pusat kegiatan ke-Islam-an. Kegiatan seni seperti konser nasyid ini diharapkan bisa membantu masyarakat Taiwan mengenal Islam yang lebih ramah dan universal, jauh dari kesan yang selama ini mereka kenal. Bagi masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Taiwan acara ini diharapkan bisa menjadi pengobat rindu terhadap tanah air dan suasana ke-Islam-an yang ada di Indonesia.


Sebagai grup nasyid yang ingin mengambil hati pecinta nasyid, khususnya anak muda JV memiliki slogan yang membumi, funky tapi syar'i. Slogan tersebut tentunya pas dan membumi dikalangan anak-anak muda, sehingga dengan slogan tersebut diharapkan banyak anak muda mencintai musik nasyid. Slogan JV tersebut memiliki makna smart , aktif, tidak kaku, out of the box , berwawasan, gaya, tapi tidak keluar dari batas-batas syar'i.


Dakwah dengan Nasyid

Sebagai grup pelantun lagu-lagu rohani, Justice Voice mempunyai misi yang dijalankannya, yaitu membumikan nasyid dipahami oleh masyarakat sebagai salah satu music yang menghibur, yang cocok untuk setiap kalangan tanpa melepaskan sisi religiusitas dari akar sejarahnya. Di dalam bermusik pun JV memilih menyajikan nasyid dalam bentuk acapella dengan berbagai warna musik. Penyajian acapella dengan berbagai warna music inilah yang membedakan JV dengan nasyid-nasyid lainnya. Kalau kalian simak music JV, kalian pastinya akan ngedapetin nuansa yang beda-beda, sebut saja nuansa musik etnik, balada, pop, rap, bahkan dangdut. Warna bermusik tersebut tetap disajikan JV dengan memegang prinsip utama dari nasyid, yaitu memberikan sebuah hiburan yang bermakna, sesuatu yang bisa direnungkan.


Guna mewujudkan diterimanya nasyid oleh berbagai lapisan masyarakat dan tingkatan, khususnya anak muda, JV membentuk komunitas “Justice Voice Community” yang diberi nama Jivoci. Tujuan Jivoci sendiri adalah memberdayakan para pencinta nasyid dalam berbagai kegiatan positif. Kegiatan Jivoci pun sangat beragam, diantaranya adalah penerbitan buletin, pengajian dan bakti sosial. Selain mengadakan berbagai kegiatan, Jivoci juga membantu JV dalam mengatur agenda pada daerah setempat, membantu distribusi kaset & merchandise dan menjalin silaturahmi dengan pencinta nasyid. Untuk saat ini Jivoci telah berdiri di kota Yogyakarta, Jakarta, Solo, Lampung, dan Bandung, Makasar serta Banten.


Sebagai grup nasyid yang melakukan syiar keagamaan atau dakwah lewat musik, Justice Voice pun merintis dan juga mengasuh berbagai program musik Islami di radio.   Berbagai program music islami tersebut dijadikan sarana berdakwah. Beberapa program yang dibina JV antara lain: Parade Top Nasyid, Media Top 97,5 FM Yogya, 2003-2004, Wacana Islami, Rakosa FM, Yogya, 2004, Request Nasyid UTY FM, Yogya 2005, dan Klinik Nasyid, SWA FM Yogyakarta, 2005. Selain acara di radio-radio Justice Voice jugamengusahakan nasyid tampil di berbagai acara tv nasional dan local. Nah, pada Ramadhan 2009 Justice Voice menjadi satu satunya nasyid yang tampil rutin di televisi nasional.


Selain tampil dakwah diacara-acara radio dan televisi, Justice Voice juga mengadakan dakwah lewat nasyid kepada kalangan pelajar. Acara untuk pelajar ini dikemas dalam program Nasyid Goes to School di Jakarta, Yogya, Bandung, Kalimantan, dan kota-kota lain di pelosok negeri ini yang sudah dilakukan sejak tahun 2003. Pada tahun 2008 JV ngadain kampanye Nasyid Goes To School: Say No To Drugs di 38 lokasi di Jakarta, 20 lokasi di Jawa Barat, dan 10 lokasi di Yogyakarta, NGTS 2009 juga berlangsung di Jakarta, Jawa Barat dan Kalimantan. Pada Ramadhan 2011 ini pun kegiatan Justice Voice juga tak kalah padatnya.


Grup Nasyid Inspiratif

Sebagai grup nasyid yang menyuguhkan warna bermusik yang beda dengan grup-grup lainnya, maka nggak aneh kalo Justice Voice mampu menginspirasi banyak orang, khususnya penulis untuk menjadikan JV sebagai bahan tulisan maupun latar belakang dalam karya tulis fiksi dan nonfiksi. Dapat disebut berbagai karya yang terinspirasi dari JV adalah karya Fely H,Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi Fisipol UGM, Aya, Skripsi Fakultas Ilmu Budaya UGM, Abdullah, Skripsi UIN Sunan Kalijaga, Cretta, Skripsi Jurusan Musik ISI Yogya, Widya, Tesis Fakultas Ilmu Budaya UGM, M.Aga S., Tesis Magister Management UGM, Kun S. Astuti, Disertasi Jurusan Musik UNY, Nurul F. Huda, Novel & Kumpulan Cerpen, Fely H, Novel, dan Nurul Az Zahra, Kumpulan Cerpen.


Nampaknya wajar kalau JV mampu menginspirasi banyak orang karena, JV sendiri adalah grup yang benar-benar berprestasi. Perlu kalian ketahui, JV pernah terpilih mewakili Indonesia untuk menghadiri final ASEAN International Nasheed Festivals di Mesir tahun 2007. Disamping itu, sebagai bukti JV memang bener-bener berprestasi adalah diperolehnya penghargaan Menegpora AWARD 2008 sebagai pelaku seni yang mendukung kegiatan kepemudaan.

Menyimak apa yang dilakukan dan apa yang dihasilkan oleh JV lewat berbagai program bermusik dan berdakwah serta karya berupa album, sehingga dapat menginspirasi seseorang seharusnya membuat Grader dan siapa pun untuk lebih bekerja keras dalam mewujudkan cita-cita. Apa kalian sebagian dari anak-anak muda yang memiliki bakat yang sama? So tunjukin aja aksi kalian untuk berkarya, sehingga nama kalian akan dikenang sebagai anak muda berprestasi.

 

Indie label

Album Kompilasi , 1999: HBM

Baru Gede! Album, 2001: UB Record & Nada Nurani

Lihat Dunia Album, 2002: Fatahillah

Agar Cinta Bersemi Indah , Album Kolaborasi Jan2003: Fatahillah

Film ‘JV , Apaan Tuh?’, 2004: JV Production

Live Concert , Peduli Generasi bangsa , VCD, 2004: Fatahillah

Berhenti Sejenak , Album, 2005: Fatahillah

5 Yang Sempurna, Album, 2011

Mayor label

Senyum Dong Fren , Album, 2003: Bravo Musik/Denting Firdaus

Senyum Dong Fren , VCD, 2004: Bravo Musik/Denting Firdaus

Kompilasi 10 Lagu Islami Terbaik Vol.2: Sony BMG

Kompilasi Nasyid Untuk Ibunda: Blackboard

Jangan Mepet-Mepet, Album 2007: Virgo Ramayana Record

Music Against Corruption, Album Kompilasi bersama SBY,2008

Anugerahmu, Album Kompilasi Religi,2008

 

Wed, 7 Sep 2011 @14:58


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+4+6

Majalah Gradasi
image

Edisi Januari 2014

Pesan Telp: 024-76480185 SMS: 08562547735


Majalah Remaja Lepas-Bebas-Cerdas
Dibaca Enak, Ditenteng Nyaman
Artikel Terbaru
Arsip

::. RUBRIK PILIHAN .::
:. Redaksi .:

     

 

     

Kontak Kami Klik Disini

 

 

 

 

 

.: G-Magz Digital :.
:. DAFTAR BIRO .:
WEBMAIL

-Masukkan Email dengan Lengkap

 contoh : priyo@gradasi-magz.com

 Password (sering diganti)

:. Jam / Tgl Sekarang .:

See on Youtube
Tukar Link

Visitor
free counters
:. ADVERTENSI .:

          


  DeBest FM

ALFAMART
 
 
 
 
Panen Dollar Tiap Hari
:. Fan Page .:

 

 

Radio Streaming Internet

Get the Flash Player to see this player.

Dengarkan di WINAMP :

Streaming Provider by :
KlikRadioInternet.com

.

Statistik
Unique Visitor
website hit counter
:. BANK TRANSFER .:
image

No.Rekening

6058-01-003168-53-5

a/n Majalah Gradasi

BRI Unit Sukun Semarang

Copyright © 2018 Gradasi-Magz.Com · All Rights Reserved