Trend Sepeda Tanpa Rem

image

Grader, percaya nggak kalau ada sepeda tanpa rem yang sekarang lagi jadi trend? Sepeda itu dinamakan sepeda fixie. Sepeda ini lagi digandrungi lho di Indonesia maupun di luar negeri. Nah, mau tahu nggak seperti apa sepeda tanpa rem ini? Kira-kira gimana ya caranya berhenti?

Fixed Gear atau sering disebut sepeda Fixie, awal mulanya lebih dikenal dengan Fixed Wheel. Fixed Gear bicycle atau Fixed Wheel bicycle, kemudian di kenal di USA dengan istilah Fixie. Disebut Sepeda Fixie karena fixed gear. Artinya, gear belakangnya itu fixed, nggak dinamis. Jadi kita ngga bisa ngegowes lepas ke belakang. Kalo ngegowes ke belakang, yang ada sepedanya jadi jalan mundur, inilah letak keunikannya disamping nggak ada rem. Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot dan yang menarik lainnya adalah pada bagian stang. Stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis desain menjadi ciri sepeda single speed ini. Untuk menghentikan laju sepeda, pengendara hanya perlu menahan arah pedal crank yang selalu berputar ke depan, secara otomatis roda akan melambat dan berhenti.

Dalam dunia balap sepeda, fixed gear di gunakan pada kompetisi Track cycling yang biasanya di lakukan di sebuah Velodrome yaitu sebuah lintasan balap yang berbentuk oval tanpa ujung. Seiring dengan berkembangnya zaman, sepeda fixed tidak hanya digunakan di lintasan Velodrome tapi sudah mulai merambah ke lintasan jalan raya, sebagai alat transportasi harian. Di Amerika sepeda fixie jalan raya awalnya dikenalkan oleh para bicycle messengers. Meskipun legalitas sepeda Fixie diberbagai negara maju masih menjadi pertentangan, hingga saat ini para pengguna Fixed semakin bertambah dan merebak diberbagai negara.

Unik

Ini gaya sepeda kalian, masalah warna mengikuti selera. Komponen sepeda Fixie tahun ini sudah sangat banyak dan murah. Mau menganti ban dengan warna yang kalian suka, bisa banget. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hyrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 - 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, buatan tanpa merek hanya puluhan ribu saja. Tapi untuk model bermerek terkenal bisa melampung diatas 125 ribu dari produk CST tipe Wireband.  

     Urusan frame, bila membeli frame jenis rakitan lebih seru. Beli frame polos atau warna dasar putih, lalu di cat sesuka hati pemiliknya. Sekarang banyak builder sepeda menawarkan layanan men-cat sepeda Fixie. Mencat sepeda biasanya dikenakan biaya 200-250 ribu. Velg atau Rim Fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal. Warnanya dari hitam dan putih sudah banyak dipasaran. Urusan Stang sepeda Fixie juga unik, dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap diantara kemacetan kendaraan. Ingin mempertahankan stang atau handlebar sepeda lama juga boleh. Yang paling asik dari sepeda Fixie adalah   sepeda ini bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot ke belakang maka sepeda akan mundur karena umumnya, sepeda ini mengunakan gigi belakang tipe fix gear atau gear tetap. Yang pasti , karena mengikuti gaya minimalis sepeda Fixie memang ringan. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.

  Untuk harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas. Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in . Nobi   

 

 

Wed, 1 Jun 2011 @17:24


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+8+6

Majalah Gradasi
image

Edisi Januari 2014

Pesan Telp: 024-76480185 SMS: 08562547735


Majalah Remaja Lepas-Bebas-Cerdas
Dibaca Enak, Ditenteng Nyaman
Artikel Terbaru
Arsip

::. RUBRIK PILIHAN .::
:. Redaksi .:

     

 

     

Kontak Kami Klik Disini

 

 

 

 

 

.: G-Magz Digital :.
:. DAFTAR BIRO .:
WEBMAIL

-Masukkan Email dengan Lengkap

 contoh : priyo@gradasi-magz.com

 Password (sering diganti)

:. Jam / Tgl Sekarang .:

See on Youtube
Tukar Link

Visitor
free counters
:. ADVERTENSI .:

          


  DeBest FM

ALFAMART
 
 
 
 
Panen Dollar Tiap Hari
:. Fan Page .:

 

 

Radio Streaming Internet

Get the Flash Player to see this player.

Dengarkan di WINAMP :

Streaming Provider by :
KlikRadioInternet.com

.

Statistik
Unique Visitor
website hit counter
:. BANK TRANSFER .:
image

No.Rekening

6058-01-003168-53-5

a/n Majalah Gradasi

BRI Unit Sukun Semarang

Copyright © 2018 Gradasi-Magz.Com · All Rights Reserved